Saturday, November 11, 2017

Catatan 2 ps Freddy S

🎯 *CATATAN (02) Ps. Freddy Situmorang ketika mengikuti Dallas Global Proclamation Academy (Dallas GPA) 2017*.
_(diselenggarakan oleh RREACH dan Dallas Theological Seminary, 3-24 Juni 2017 di Dallas Texas USA)_  :

*Prof. Ramesh Richard, Ph.D, Th.D :*

(Connection) Hubungan adalah kebutuhan dasar manusia, Teknologi hanya membantunya. - RR

*3 Tujuan Gpro untuk Pastoral Trainer :*
Connecting/ Menghubungkan.
Uniting/ Menyatukan.
Strengthtening/ Menguatkan.

*3 Area yang akan mendukung/ Membentuk Leadership para Gembala/ Pdt yang SEHAT  :*

1. *Preach Biblically* : Effective Preaching. Banyak gembala yang tidak siap khotbah di hari Minggu, Tidak tahu mau khotbah apa, kesulitan menentukan Thema, dan berbagai  tantangan lainnya. bayangkan naik pesawat terbang dengan Pilot yang tidak terlatih dengan baik, demikian juga saat ini ada banyak para Pdt yang tidak terlatih dengan baik untuk melakukan tugasnya dalam pelayanan Pastoral.

2. *Think Biblically* : Theological Discernment. Firman Tuhan bukanlah untuk menyampaikan apapun yang engkau inginkan melainkan apa yang Allah sampaikan.

3. *Live Biblically* : Biblical Spirituality. Karakter anda adalah Integritas anda. Musuh nomor 1 dalam kesibukan pelayanan adalah kehilangan waktu saat Teduh Pribadi.

*3 hal diatas ini akan memberikan Kontribusi bagi kepemimpinan anda, ini adalah Pondasi dasar, akan memberikan Pengaruh dan Membentuk Kepemimpinanmu*

*“GPro Academy” BUKANLAH*  : seminar Leadership, Konser Doa, Konser Pujian Penyembahan, Pertemuan Misi, ataupun pengembangan Cell Group, dll. tetapi ini adalah  _Akademi yang berfokus kepada 3 area yang spesifik diatas yaitu Preach Biblically-Think Biblically-Live Biblically_.

Anda terpilih bergabung dengan GPA, untuk berfungsi sebagai :
o *Central Connectors*  : Sebagai Jembatan/ Penghubung orang-orang & Lembaga-lembaga.
o *Boundary Spanners* : Denominational, Age, Cultural, National, Intellectual, Social, Color/Racial, Economic
o *Information Brokers :*  senang membagi Informasi dan mengolahnya sesuai konteks dinegara masing-masing tanpa kehilangan DNA materi GPRo.

*Apa perbedaan Teaching and Preaching ?*
Tidak ada perbedaan secara teknik antara Teaching and Preaching, tetapi secara fungsional ada sedikit perbedaan, yaitu :

Preaching : Motivation lebih banyak dibandingkan Instruction

Teaching : Instruction lebih banyak dibandingkan Motivation

*Tidak ada khotbah yang sempurna*,  tetapi ada khotbah yang baik dan tidak baik, *Anda harus mempersiapkan bahan Khotbah anda dengan baik dan matang*, Jemaat akan merasakan bila anda sungguh-sungguh telah mempersiapkan khotbah anda.

*2 Persiapan untuk Berkhotbah :*
*1. Mechanics*  : Fokus utama GPA adalah Konstruksi Mekanik untuk berkhotbah (Menyusun Khotbah secara Teknis melalui langkah-langkah yang diajarkan dikelas)

*2. Dynamics*  : Dasarnya secara Spiritual (Roh), mengenal Jesus secara Pribadi dan telah Lahir Baru, intim dalam saat teduh yang konsisten, dll. (tidak dibahas terlalu dalam di GPA)

*Target Gpro Academy*  agar setiap peserta Memiliki Metode Dasar untuk menyusun bahan Berkhotbah yang dapat diaplikasikan dan diajarkan kepada berbagai latar belakang Pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga Pendidikan strata 3. *Anda bertanggung jawab untuk mempersiapkan Khotbah yang baik apapun latar belakang pendidikan saudara, Jemaat harus mendapatkan pengajaran yang Sehat dan Alkitabiah*.

*Scripture Sculpture : Alkitab dibuat oleh Allah, Sermon adalah apa yang kita buat dari Firman Allah yang Allah telah buat. Jangan Pernah berpikir bahwa saudara yang menulis Alkitab, walaupun saudara menerima Pewahyuan apapun, saudara tidak menulis Alkitab, tapi Allah*.

Saudara membuat Sermon dengan membuat “Sculpture” (ukiran) berdasarkan campuran beberapa sumber, yaitu : Hubungan Pribadi saudara dengan Allah, Talenta yang diberikan oleh Allah kepadamu,   pengalaman yang engkau miliki, Pendidikan yang pernah engkau tempuh. Jadi Alkitab adalah Allah yang membuatnya, tetapi Sermon engkau yang membuatnya sendiri berdasarkan apa yang telah Allah buat.

*Ada 2 macam Ekposisi : Ekposisi Topik (Topical Preaching) dan Ekposisi Tektual (Tekstual Preaching)*.

1. *Topical Preaching*  : Pilih Topik, Lalu Pilih Ayatnya. saudara harus bertobat bila melakukan ini, karena ini berarti anda dapat memilih suka-sukanya ayat sesuai keinginan saudara dan menempatkannya sesukanya.
2. *Textual Preaching*  : Bukan saudara yang memilih Topik tetapi Text ayat yang memilihkan Topik untuk saudara khotbahkan. Taatlah dan sampaikanlah apa yang dikatakan oleh Text.

Pada kenyataannya banyak orang menggunakan Topical Preaching karena lebih disukai dan lebih Populer untuk menjawab keperluan jemaat.

*Topical Preaching*  bagaikan Vitamin yang hanya berfungsi untuk menolong bagian tertentu dalam tubuh, tidak berguna secara menyeluruh. Dapat digunakan bila hanya benar-benar diperlukan untuk sementara saja.

*Textual Preaching*  bagaikan sesuatu yang menyehatkan tubuh secara menyeluruh, sangat Menyehatkan dan berguna bagi semua bagian Tubuh. Digunakan untuk kesehatan jemaat secara jangka panjang. Jemaat akan Bertumbuh dengan belajar Tunduk dan taat pada apa yang dikatakan Text.
Text Mengontrol topik yang akan engkau pilih. Engkau berdiri diatas Text.

*Bagaimana cara menyusun Khotbah Ekpository (Textual Preaching) ?*

ada Materi dan pelatihan Khusus yang telah diajarkan oleh Ramesh selama 3 Minggu kepada kami Alumni Dallas GPA 2017. kami diajarkan, dibimbing, dikoreksi, ditanya, diberikan tugas PR, beberapa kali latihan bahkan hingga 1 hari menjelang kelulusan masih harus mengumpulkan tugas, kemudian kami dinyatakan telah selesai dan diberikan sertifikat  oleh Ramesh pada acara kelulusan kami.

*kini kami dipercayakan untuk mengajarkan Metodanya ini kepada sebanyak mungkin Pdt/ gembala/ Pengkhotbah di negara masing-masing bahkan keseluruh dunia*.   Metoda ini memiliki 7 langkah besar yang hanya akan efektif disampaikan bila dilakukan dalam pelatihan secara langsung.

Silahkan Hubungi saya bila memerlukan Info mengenai hal ini.

_Tulisan saya ini masih bersambung (dengan topik dan materi lainnya secara garis besar saja)_

_*Bagi Pertumbuhan Gereja yang Sehat dan Kesatuan Tubuh Kristus diseluruh Dunia, Soli Deo Gloria !*_

_*Freddy Situmorang*_
_08129694314_

No comments:

Post a Comment